Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Penggunaan Status Code pada HTTP di dalam Thunkable

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Penggunaan Status Code pada HTTP di dalam Thunkable, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Status code pada HTTP adalah tampilan kode status yang diambil dari proses pertukaran data antara client dengan server yang akan ditampilkan pada halaman situs website di browser, webview (khusus Android), atau web services baik itu API maupun Non-API.

Jenis-jenis nilai kode status HTTP :
1xx - Nilai kode status HTTP yang menampilkan pernyataan kesuksesan dalam pengujian koneksi web dari jaringan.

2xx - Nilai kode status HTTP yang menampilkan yang menampilkan pernyataan kesuksesan dalam proses pengiriman atau pertukaran data antar client server.

3xx - Nilai kode status HTTP yang menampilkan pernyataan untuk memindahkan atau mengalihkan dari situs website asal ke situs website lain yang telah ditentukan.

4xx - Nilai kode status HTTP yang menampilkan pernyataan kesalahan (error) dalam proses pengiriman atau pertukaran data antar client server, karena ada kesalahan atau pemberian batas pada client.

5xx - Nilai kode status HTTP yang menampilkan pernyataan kesalahan (error) dalam proses pengiriman atau pertukaran data antar client server, karena ada kesalahan atau pemberian batas pada server.

Penulis akan memberikan gambaran atau ilustrasi dalam penggunaan status code pada HTTP dengan Thunkable. Setiap nilai kode status HTTP pasti menampilkan suatu pernyataan yang berbeda. Gambaran kali ini menggunakan widget toast (notifier) sebagai pemberitahuan informasi yang sedang terjadi proses traffic pada HTTP.

Untuk mendapat pemberitahuan yang diperoleh dari nilai kode status HTTP, harus menggunakan parameter responseCode yang terdapat pada blok program Web1.GotText().

Contoh Penggunaan status code pada HTTP di dalam Thunkable
1xx - Information
Nilai status kode HTTP ini jarang ditampilkan di dalam web browser atau webview.

2xx - Success
Nilai status kode HTTP ini yang menandakan bahwa situs website yang diakses mendapat respon baik itu client atau server dengan bagus dan sukses.

3xx - Redirection
Nilai status kode HTTP ini yang menandakan bahwa situs website yang diakses mengalami peralihan ke situs website yang lain.

4xx - Client Error
Nilai status kode HTTP ini yang menandakan bahwa situs website yang diakses memiliki kesalahan pada proses permintaan dari client atau bermasalah pada bagian client.

5xx - Server Error

Nilai status kode HTTP ini yang menandakan bahwa situs website yang diakses memiliki kesalahan pada proses respon dari server atau bermasalah pada bagian server.

Jadi, kamu bisa menerapkan ini dengan mendeteksi suatu website yang sedang akses melalui nilai kode status HTTP yang dimana akan memberitahukan hasil proses data antara client - server. Di dalam Thukable, kamu juga bisa menerapkan pendeteksian pada situs website kamu dengan nilai kode status HTTP yang telah dijelaskan pada paragraf awal di dalam pembuatan aplikasi Android yang menggunakan Web Services.

Mohon maaf ya, penulis jarang membuat tutorial, tips, atau referensi yang berhubungan dengan Thunkable. Soalnya, penulis sibuk dengan Tugas Akhir. hehehe...

Sekian... Terima kasih...

Labels: App Inventor, Referensi, Tutorial

Thanks for reading Penggunaan Status Code pada HTTP di dalam Thunkable. Please share...!

0 Komentar untuk "Penggunaan Status Code pada HTTP di dalam Thunkable"

Back To Top