Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Android dengan Thunkable #1

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Android dengan Thunkable #1, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Menurut KBBI, Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Dengan adanya kalkulator, maka kita bisa menghitung baik itu dalam jumlah bilangan kecil maupun bilangan besar, seperti menghitung total pembayaran belanja, total perhitungan gaji bulanan, dan sebagainya.
Kali ini, penulis akan membahas tentang cara membuat aplikasi kalkulator sederhana berbasis Android menggunakan Thunkable. Dari segi tampilan aplikasi sih masih simpel karena hanya menghitung 2 bilangan dalam operasi aritmatika dasar yakni penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/).
Ini sangat cocok bagi anda yang baru belajar membuat aplikasi mobile berbasis Android tanpa mengetik kode perintah (coding) sehingga anda tidak perlu capek-capek mengetik program sampai banyak baris.
Anda bisa menonton video di bawah ini bagaimana cara cara membuat aplikasi kalkulator sederhana berbasis Android menggunakan Thunkable.


Penulis akan memberikan penjelasan atau keterangan (clue) dari tutorial video yang diatas.
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.

2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.

3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage.

4. Klik Create New App untuk membuat project baru. Kemudian, nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "calculatorapp1". Klik OK.

5. Merancang tampilan desain smartphone seperti pada gambar di bawah ini.
Tampilan Perancangan Desain Aplikasi Kalkulator.
Apabila anda masih bingung? Anda bisa menonton video tutorial yang telah disediakan di artikel ini klik disini.

6. Melakukan coding menggunakan block programming seperti pada gambar di bawah ini.
Tampilan Blok Program untuk Aplikasi Kalkulator.
Keterangan dari gambar masing-masing blok program
a. Event program OnCreate().
Blok program untuk OnCreate pada Screen1.
Pada saat aplikasi kalkulator pertama kali dibuka oleh pengguna (user), maka tempat input data angka kedua bilangan dalam keadaan "0".

b. Tombol reset atau hapus.
Blok program untuk tombol reset atau hapus.
Pada saat mengklik tombol reset atau hapus akan terjadi penghapusan data hasil input dari total dari kedua bilangan beserta masing-masing tempat input data angka kedua bilangan dalam keadaan "0".

c. Tombol tambah / penjumlahan (+).
Blok programan untuk tombol tambah.
Setelah melakukan penginputan data angka pada bilangan 1 dan bilangan 2, maka ada terjadi eksekusi program yakni menjumlahkan kedua bilangan yang berdasarkan hasil dari penginputan data angka pada masing-masing kedua bilangan.

d. Tombol kurang / pengurangan (-).
Blok program untuk tombol kurang.
Setelah melakukan penginputan data angka pada bilangan 1 dan bilangan 2, maka ada terjadi eksekusi program yakni mengurangkan kedua bilangan yang berdasarkan hasil dari penginputan data angka pada masing-masing kedua bilangan.

e. Tombol kali  / perkalian (*).
Blok program untuk tombol kali.
Setelah melakukan penginputan data angka pada bilangan 1 dan bilangan 2, maka ada terjadi eksekusi program yakni mengalikan kedua bilangan yang berdasarkan hasil dari penginputan data angka pada masing-masing kedua bilangan.

f. Tombol bagi / pembagian (/).
Blok program untuk tombol bagi.
Setelah melakukan penginputan data angka pada bilangan 1 dan bilangan 2, maka ada terjadi eksekusi program yakni membagikan kedua bilangan yang berdasarkan hasil dari penginputan data angka pada masing-masing kedua bilangan.

Jadi, hasil project kecilan ini berharap anda bisa mengembangkan dari aplikasi yang telah ada menjadi jauh lebih baik lagi. Ini cocok bagi kamu yang mencari referensi untuk mengerjakan tugas kuliah, sekolah, bahkan kursus. Tidak hanya itu, project kecilan ini juga bisa diterapkan dalam pengerjaaan skripsi atau tugas akhir (TA) bagi kamu mahasiswa yang semester tingkat akhir.

MINTA SOURCE CODE .AIA ?

EH! KAMU HARUS MEMBAYAR RP 20.000 saja. INI SOURCE CODE .AIA SUDAH JADI, BISA KAMU MODIFIKASI SESUKA KAMU!

MINTA E-BOOK (BUKU ELEKTRONIK) ?

COMING SOON ON GOOGLE PLAY BOOKS :).
Tutorial project ini juga berlaku untuk MIT App Inventor 2, AppyBuilder, Kodular (Makeroid), dan Block2Code. Semoga bermanfaat.

Sekian... Terima kasih...

Labels: Project, Tutorial

Thanks for reading Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Android dengan Thunkable #1. Please share...!

0 Komentar untuk "Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Android dengan Thunkable #1"

Back To Top