Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Cara Membuat Aplikasi Random Number Sederhana dengan Thunkable

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Cara Membuat Aplikasi Random Number Sederhana dengan Thunkable, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Random (Pengacakan) adalah Random adalah suatu kumpulan sifat yang menjadikan dia seseorang yang patut memiliki nilai ketidakjelasan yang secara harfiah maupun etimologi secara umum (general) dalam memutuskan sesuatu yang pasti. Misalkan, pemilihan undian pada pembagian grup-grup dalam suatu pertandingan sepak bola, bola basket, cerdas cermat, dan lain-lain.
Baiklah, penulis akan memberikan tutorial cara membuat aplikasi Random Number Sederhana dengan Thunkable. Disini, kamu bisa menerapkan aplikasi tersebut dalam menentukan pemilihan angka secara acak pada pengundian dalam mendapat hadiah Grand Prize pada aplikasi produk toko online (Marketplace).
Langkah-Langkah :
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.
2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.
3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Dashboard Thunkable.
4. Klik Create New App untuk membuat project baru. Kemudian, nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "randomnumber1". Klik OK.
Tampilan Pembuatan Project Aplikasi.
5. Aturlah posisi tata letak pada Screen menjadi posisi tengah (Center : 2).
Tampilan Pengaturan Posisi Tata Letak pada Screen.
6. Masuki bagian User Interface, carilah Label untuk menampilkan hasil dari generate dalam pemilihan angka secara acak (random). Klik tahan pada Label lalu tarik ke layar Screen.
Tampilan Pembuatan Label.
7. Isikan teks pada Label tersebut dengan "Pemilihan Angka : " pada bagian Text. Kemudian, tekan Enter.
Tampilan Perubahan Teks pada Label.
8. Masuki bagian User Interface, carilah Button untuk memproses pemilihan angka secara acak (random) yang akan ditampilkan di dalam Label yang tadi. Klik tahan pada Button lalu tarik ke layar Screen.
Tampilan Pembuatan Button Generate.
9. Isikan teks pada Button tersebut dengan "Generate" pada bagian Text. Kemudian, tekan Enter.
Tampilan Perubahan Teks pada Button Generate.
10. Klik Blocks untuk memasuki Blocks Viewer dalam memulai dalam pembuatan program.
Tampilan Awal pada Blocks Viewer.
11. Klik kiri tahan mouse pada blok program Button1.Click(). Ini berguna untuk memproses pemilihan angka secara acak (random) antara 0 - 100.
Tampilan Pembuatan Blok Program Button1.Click().
12. Geserkan blok program tersebut ke Blocks view.
Tampilan Setelah Pembuatan Blok Program Button1.Click().
13. Klik kiri tahan mouse pada blok program Label1.setText(). Ini berguna untuk menampilkan hasil dari pemilihan angka secara acak (random) tadi.
Tampilan Pembuatan Blok Program Label1.setText().
14. Geserkan blok program tersebut ke dalam blok program Button1.Click().
Tampilan Setelah Pembuatan Blok Program Label1.setText().

15. Klik bagian block Math, klik kiri tahan mouse pada blok program Random Integer. Ini berguna untuk menentukan angka random antara nilai minimum dengan nilai maksimum.
Tampilan Pembuatan Blok Program Random Integer.
16. Geserkan blok program tersebut ke dalam blok program Label1.setText(). Aturlah nilai minimum itu bernilai "0" dan nilai maksimum itu bernilai "100" pada blok program Random Integer tersebut.
Tampilan Setelah Pembuatan Blok Program Random Integer.

17. Klik Export >>> App (save .apk to my computer) untuk mengkonversi ke aplikasi Android siap pakai (.apk) dan menyimpan ke dalam komputer. Tunggu beberapa waktu sampai aplikasi tersebut berhasil tersimpan di dalam komputer.

18. Aktifkan software emulator Android yang ada di dalam komputer atau laptop anda. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan dashboard emulator tadi.

19. Klik ikon Instal APK / APP tergantung dari nama emulator Android tersebut.

20. Berikut hasil pada tampilan awal pada aplikasi tersebut.
Tampilan Awal dalam Pembukaan Aplikasi.
21. Tampilan setelah di-generate dalam pemilihan angka secara random.
Tampilan Setelah Mengklik Generate untuk Memilih Angka Random.
Catatan :
Dengan adanya blok program Random Integer, kamu bisa menentukan pemilihan angka secara acak (random) dengan nilai minimum dan maksimum yang telah kamu tentukan.

Pertanyaan :
Apa blok program Random Integer tersebut bisa digunakan untuk menentukan pemilihan angka secara acak (random) dengan menggunakan nilai desimal?
Apabila kamu telah temukan jawabannya. Silahkan komentar ya...! :) 

Sekian. Terima kasih.
Labels: App Inventor, Tutorial

Thanks for reading Cara Membuat Aplikasi Random Number Sederhana dengan Thunkable. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Membuat Aplikasi Random Number Sederhana dengan Thunkable"

Back To Top