Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Cara Menampilkan Current Time dengan Label pada Thunkable

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Cara Menampilkan Current Time dengan Label pada Thunkable, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Waktu itu sangat penting bagi kehidupan manusia yang memasuki zaman teknologi saat ini. Dengan adanya waktu, kamu bisa mengetahui hal-hal kegiatan yang berhubungan dengan teknologi seperti bermain game, video call, berselancar internet, dan sebagainya secara pasti. Misalkan, kamu harus mematikan smartphone sebelum pukul 22.00 (10 malam) karena kamu harus istirahat dengan tidur.

Disini, penulis akan memberikan tutorial cara menampilkan current time dengan menggunakan Label di dalam Thunkable. Current time artinya waktu yang berjalan sekarang.
Langkah-Langkah :
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.
2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.
3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Dashboard Thunkable.
4. Klik Create New App untuk membuat project baru. Kemudian, nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "timenow1". Klik OK.
Tampilan Pembuatan Project APP.
5. Aturlah posisi tata letak vertikal menjadi center pada bagian Vertical Align.
Tampilan Pemilihan Tata Letak secara Vertikal.
6. Masuki bagian Pallete, carilah widget Label untuk menampilkan waktu dalam bentuk jam digital tersebut. Klik tahan pada Label lalu tarik ke layar Screen.
Tampilan Pembuatan Label.
7. Masuki bagian Pallete, carilah widget Clock untuk membuat dan mengatur format waktu. Klik tahan pada Clock lalu tarik ke layar Screen.
Tampilan Pembuatan Clock.
8. Klik Blocks untuk memulai program blok. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan kerja Blocks.

9. Klik Screen1 >>> Klik tahan pada blok Screen1.initialize() dan tarik blok tersebut ke block view.
Tampilan Pembuatan Blok Program Screen1.initialize()
10. Lepaskan tombol mouse pada blok tersebut. Ini berarti kamu berhasil membuat suatu event pada activity yang variabelnya Screen1.
Tampilan Hasil dari Blok Program Screen1.initialize().
11. Klik Label1 >>> Klik tahan pada blok Label1.setText() dan tarik blok tersebut ke dalam blok Screen1.initialize().
Tampilan Pembuatan untuk menampilkan Current Time.
12. Lepaskan tombol mouse pada blok tersebut. Ini berarti kamu telah membuat tampilan current time pada saat Screen1 tersebut sedang aktif baik itu saat membuka aplikasi maupun berpindah dari Screen yang lain.
Tampilan Hasil dari Blok Program Label1.setText().
13. Klik Clock1 >>> Klik tahan pada blok Clock1.FormatDateTime() dan tarik blok tersebut ke dalam blok Label1.setText().
Tampilan Pembuatan Blok Program Clock1.FormatDateTime().
14. Lepaskan tombol mouse pada blok tersebut. Ini berarti kamu telah memasukkan keterangan waktu ke dalam Label1 yang digunakan untuk menampilkan Current Time.
Tampilan Hasil Pembuatan Clock1.FormatDateTime().
15. Klik Clock1 >>> Klik tahan pada blok Clock1.Now() dan tarik blok tersebut ke dalam blok Clock1.FormatDateTime() bagian instant.
Tampilan Pembuatan Clock1.Now().
16. Lepaskan tombol mouse pada blok tersebut. Ini berarti kamu telah menetapkan Current Time untuk aplikasi tadi.
Tampilan Hasil dari Blok Program Clock1.Now().
17. Isikan format waktu dengan "hh:mm:ss a" pada bagian Clock1.FormatDateTime() bagian pattern.
Tampilan Perubahan Format Waktu yang terdapat di Clock1.
18. Klik Export >>> App (save .apk to my computer) untuk mengkonversi ke aplikasi Android siap pakai (.apk) dan menyimpan ke dalam komputer. Tunggu beberapa waktu sampai aplikasi tersebut berhasil tersimpan di dalam komputer.

19. Aktifkan software emulator Android yang ada di dalam komputer atau laptop anda. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan dashboard emulator tadi.

20. Klik ikon Instal APK / APP tergantung dari nama emulator Android tersebut.

21. Pilihlah file aplikasi (.apk) website mobile yang anda unduh (download) tadi. Klik Open, tunggu beberapa saat sampai terinstal dan buka aplikasi tersebut di dalam emulator Android. Kamu bisa melihat current time di dalam aplikasi tadi.
Tampilan Hasil Tampilan Current Time.
Catatan :
Sayangnya, current time ini tidak realtime, dalam artian current time tidak berjalan sendiri. Jadi, apabila kamu ingin melihat current time? Kamu harus menutupi aplikasi dulu, baru buka aplikasi lagi. Format waktu ini secara default menggunakan sistem 12 jam. Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan tipe format waktu yakni "hh:mm:ss a", agar kamu tidak salah melihat waktu. :D

Sekian... Terima kasih.

Labels: App Inventor, Tutorial

Thanks for reading Cara Menampilkan Current Time dengan Label pada Thunkable. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Menampilkan Current Time dengan Label pada Thunkable"

Back To Top