Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Tutorial Pindah Antar-Screen dengan Klik Button di Thunkable

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Tutorial Pindah Antar-Screen dengan Klik Button di Thunkable, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Screen adalah suatu komponen aplikasi android yang berfungsi menghasilkan suatu tampilan layar di mana user dapat melakukan interaksi beberapa widget-widget seperti button, textbox, label, listview,  yang berkaitan (seperti menekan tombol, mengisi teks, mengetuk layar, menggeser layar).

Kamu bisa membuat suatu aplikasi Android yang membutuhkan lebih dari satu screen, seperti aplikasi kuis, e-banking, e-learning, e-commerce, game, dan sebagainya. Metode event untuk perpindahan antar-screen yang lebih satu screen atau lebih itu berbagai metode, metode yang bersifat tekan / sentuh, durasi waktu (timer), splash screen, pemilihan suatu kondisi (listview), dan masih banyak. Metode yang paling sering ada di dalam aplikasi Android yakni dengan metode klik button, listview, dan komponen UI lainnya yang bersifat tekan atau sentuh, karena memprogram event tersebut yang simpel dan disukai pengguna aplikasi.
Ini berguna untuk menghemat proses kerja suatu event di dalam satu screen yang bisa memakan RAM, hanya gara-gara terlalu banyak komponen dalam satu screen. Baik itu pindah multiscreen / antar-screen secara manual maupun otomatis.

Disini, saya akan memberikan tutorial cara memindahkan dari satu screen ke screen yang lain (antar-screen / multi screen) di dalam Thunkable.
Langkah-Langkah :
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.
2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.
3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Dashboard pada Thunkable.
4. Klik Create New App untuk membuat project baru. Kemudian, nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "movescreen1". Klik OK.
Tampilan Pembuatan Project APP.
5. Aturlah opsi Align Vertical dengan memilih Center, agar tata letak untuk komponen pallete UI berfokus ke tengah screen.
Tampilan Kerja Pertama Kali pada Thunkable 

6. Tunggu beberapa saat sampai tampilan dashboard pada project tersebut itu muncul. Masuki bagian Pallete, carilah widget Button untuk membuat suatu event untuk pindah antar-screen. Klik tahan pada Button lalu tarik ke layar Screen.
Tampilan Proses dalam Pembuatan Button.
7. Klik tombol Add Screen untuk menambah screen baru. Masukkan nama screen baru tersebut sesuai keinginan. Misalkan, penamaan screen yakni Screen2. Klik OKIngat! Penamaan Screen tersebut tidak boleh menggunakan spasi, apabila ingin memisahkan kata, lebih baik pakai simbol underscore (_). Contoh: Screen_2. Tunggu sampai pembuatan screen baru berhasil dibuat.
Tampilan Penambahan Screen Baru.
8. Klik tombol Screen2, pilihlah Screen1 untuk kembali ke screen utama agar bisa diprogram.
Tampilan Screen Utama setelah Dibuatkan Screen Baru. 
9. Klik Blocks untuk memulai program blok. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan kerja Blocks.

10. Klik Button1 >>> Klik tahan pada blok Button1.Click() dan tarik blok tersebut ke block view.
Tampilan Pemilihan Blok Button1.Click().
11. Lepaskan tombol mouse pada blok tersebut. Ini menandakan bahwa kamu telah membuat event klik button.
Tampilan Blok Button1.Click() setelah Dimasukkan ke Block Program. 
12. Klik Control >>> Klik tahan pada blok open antoher screen screenName() dan tarik blok tersebut ke dalam Button1.Click().
Tampilan Pemilihan untuk Melakukan Perpindahan Antar-Screen
13. Lepaskan tombol mouse pada blok tersebut.
Tampilan Blok Perpindahan Antar-Screen setelah Dimasukkan ke dalam event Button1.Click().
14. Klik Text >>> Klik tahan pada blok Text yang masih kosong yang terletak paling atas dan tarik blok tersebut ke dalam blok open antoher screen screenName().
Tampilan Pemilihan Blok Teks Kosong.
15. Lepaskan tombol mouse pada blok tersebut. Ini berguna untuk mengisi nama screen yang ditargetkan untuk melakukan pindah screen.
Tampilan Blok Teks Kosong setelah Dimasukkan ke dalam Blok Perpindahan Antar-Screen.
16. Isikan nama screen yang ditargetkan untuk melakukan pindah screen. Pastikan penamaan screen target itu sama dengan nama screen target yang aktif atau tersedia. Kamu bisa periksa nama-nama screen tersebut dengan klik nama screen yang sedang aktif.
Tampilan Setelah Diisi Nama Screen Target untuk Melakukan Event.  
17. Klik Export >>> App (save .apk to my computer) untuk mengkonversi ke aplikasi Android siap pakai (.apk) dan menyimpan ke dalam komputer. Tunggu beberapa waktu sampai aplikasi tersebut berhasil tersimpan di dalam komputer.

18. Aktifkan software emulator Android yang ada di dalam komputer atau laptop anda. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan dashboard emulator tadi.

19. Klik ikon Instal APK / APP tergantung dari nama emulator Android tersebut.

20. Pilihlah file aplikasi (.apk) website mobile yang anda unduh (download) tadi. Klik Open, tunggu beberapa saat sampai terinstal dan buka aplikasi tersebut di dalam emulator Android.

21. Klik Button1 untuk melakukan perpindahan screen dari screen utama ke screen target.
Hasil dari Aplikasi Pindah Antar-Screen
22. Hasil dari perpindahan antar-screen.
Hasil Tampilan Screen2 setelah Mengklik Button dari Screen1.

Baca juga :

Sekian dari posting ini... Terima kasih... 
Labels: App Inventor, Tutorial

Thanks for reading Tutorial Pindah Antar-Screen dengan Klik Button di Thunkable. Please share...!

0 Komentar untuk "Tutorial Pindah Antar-Screen dengan Klik Button di Thunkable"

Back To Top