Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Cara Custom Gaya Teks dengan Font Internal di Thunkable

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Cara Custom Gaya Teks dengan Font Internal di Thunkable, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Font (gaya teks) adalah desain grafis yang diterapkan tampilan dalam bentuk angka, simbol, dan karakter. Font menentukan kualitas seperti huruf, ukuran, spasi, dan pitch. Font yang digunakan untuk mencetak teks di berbagai perangkat output dan menampilkan teks di layar. Font mempunyai style font seperti cetak miring, cetak tebal, dan cetak miring tebal.
Font internal disini bermaksud anda mengatur atau melakukan custom gaya teks yang ada di dalam bawaan Thunkable sehingga anda tidak perlu melakukan unduhan untuk melakukan custom font. 
Anda pasti ingin membuat aplikasi Android buatan anda menjadi menarik bagi pengguna smartphone Android, terutama aplikasi-aplikasi yang bertema desain grafis atau pendidikan (edukasi). Aplikasi tersebut memang harus menggunakan jenis font lain untuk mengubah tampilan teks pada tampilan antarmuka (interface) pada aplikasi tersebut.

Disini, saya akan berikan tutorial custom gaya teks dengan Font Ekstenal di Thunkable.
Langkah-Langkah:
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.
2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.
3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Dashboard pada Thunkable.
4. Klik Create New App untuk membuat project baru. Kemudian, nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "customfont2". Klik OK.
Tampilan Pembuatan Project App
5. Masuki bagian Pallete, carilah widget Label untuk memasukkan link situs website tadi. Klik tahan pada Label lalu tarik ke layar Screen.
Tampilan Pembuatan Label di Designer View.
6. Silahkan scrolling ke bawah sampai ketemu opsi Font Typeface yang terdapat di pengaturan Properties untuk custom gaya teks pada Label. Pilihlah file font yang telah anda upload tadi. Klik OK. Maka, font teks tersebut akan berubah otomatis.
Tampilan Setelah Memilih Font Typeface untuk Label.
7. Masuki bagian Pallete, carilah widget Button untuk memasukkan link situs website tadi. Klik tahan pada Button lalu tarik ke layar Screen.
Tampilan Pembuatan Button di Designer View.
8. Silahkan scrolling ke bawah sampai ketemu opsi Font Typeface yang terdapat di pengaturan Properties untuk memiliki gaya teks bawaan pada Button.  Pilihlah file font yang telah anda upload tadi. Klik OK. Maka, font teks tersebut akan berubah otomatis.
Tampilan Setelah Memilih Font Typeface untuk Button.
9. Tidak perlu melakukan pengujian (testing) pada hasil pembuatan aplikasi ini ke dalam emulator ataupun smartphone Android.
Labels: App Inventor, Tutorial

Thanks for reading Cara Custom Gaya Teks dengan Font Internal di Thunkable. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Custom Gaya Teks dengan Font Internal di Thunkable"

Back To Top