Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana 2 Bilangan berbasis Android dengan Thunkable (1)

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana 2 Bilangan berbasis Android dengan Thunkable (1) , semoga bermanfaat dan selamat membaca

Kali ini penulis membahas tentang cara membuat aplikasi kalkulator sederhana 2 bilangan dengan Thunkable. Menurut KBBI, kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu.

Aplikasi kalkulator ini mengoperasikan 4 macam yakni penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Operasi Matematika ini merupakan pondasi dasar untuk melanjuti belajar Matematika ke level lebih tinggi.
Langkah-Langkah :
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.
2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.
3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Dashboard Thunkable.

4. Klik Create New App untuk membuat project baru. Kemudian, nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "calculatorapp1". Klik OK.
Tampilan Pembuatan Project Kalkulator Sederhana
5. Silahkan kamu melakukan perancangan tampilan seperti di bawah ini. Setelah itu, kamu membuat nama variabel masing-masing object yang sesuai dengan gambar di bawah ini.
Tampilan Perancangan Aplikasi Kalkulator Sederhana.
6. Klik Blok.

7. Membuat Blok Program untuk OnCreate (pada saat pertama kali aplikasi dibuka).
Blok Program untuk OnCreate.
8. Membuat Blok Program untuk me-reset perhitungan.
Blok Program untuk me-reset perhitungan.
9. Membuat Blok Program untuk Penjumlahan.
Blok Program untuk penjumlahan.
10. Membuat Blok Program untuk Pengurangan.
Blok Program untuk pengurangan.
11. Membuat Blok Program untuk Perkalian.
Blok Program untuk perkalian.
12. Membuat Blok Program untuk Pembagian.
Blok Program untuk pembagian.
13. Klik Export >>> Pilihlah App targets API 26 atau App targets API 28. Tunggu beberapa saat sampai selesai download aplikasi tersebut.
Tampilan Ekspor APK.

14. Pasangkan aplikasi ke emulator atau smartphone Android langsung.

15. Berikut hasilnya.
Tampilan Hasil Pengujian Aplikasi.
Selesai.

Ini cocok bagi kamu yang malas belajar coding pakai Android Studio karena spesifikasi PC atau Laptop yang rendah atau bahasa kerennya laptop kentang :D dalam pengerjaan tugas dalam membuat aplikasi Android kalkulator sederhana baik itu tugas sekolah atau tugas kuliah dalam bentuk Kuis, UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), TA (Tugas Akhir), bahkan Skripsi.

MINTA SOURCE CODE .AIA ?

EH! KAMU HARUS MEMBAYAR RP 20.000 saja. INI SOURCE CODE .AIA SUDAH JADI, BISA KAMU MODIFIKASI SESUKA KAMU!

MINTA E-BOOK (BUKU ELEKTRONIK) ?

Sekian... Terima kasih...
Labels: Project, Tutorial

Thanks for reading Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana 2 Bilangan berbasis Android dengan Thunkable (1) . Please share...!

0 Komentar untuk "Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana 2 Bilangan berbasis Android dengan Thunkable (1) "

Back To Top