Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Cara Mengimport Project (.aia) di Thunkable

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Cara Mengimport Project (.aia) di Thunkable, semoga bermanfaat dan selamat membaca

File eksistensi (.aia) adalah suatu file yang berisi project-project yang berasal dari Thunkable (sejenis App Inventor). Dengan kata lain, file ini adalah file project yang belum dikonversi menjadi aplikasi yang siap dipakai.

Disini, saya akan memberikan tutorial mengenai cara meng-import project (.aia) ke dalam project Thunkable.
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.
2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.
3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Kerja Utama di Thunakble

Di dalam Thunkable, ada 2 fitur untuk mengimpor project dari komputer atau laptop, yakni Upload app project (.aia) from my computer dan Upload legacy app project (.aia) from my computer. Dimana perbedaannya?
> Upload app project (.aia) from my computer, fitur ini bisa digunakan jika hasil project dari komputer belum di-sign apk atau masih gunakan keystore bawaan thunkable, dan belum pernah di-publish ke Play Store sekalipun.
> Upload legacy app project (.aia) from my computer, fitur ini bisa digunakan jika hasil project dari komputer sudah di-sign apk atau telah gunakan keystore custom dari komputer atau laptop, dan pernah di-publish ke Play Store sebelumnya, kemudian lakukan modif untuk update dari versi sebelumnya.

4. Klik Apps >> Klik Upload app project (.aia) from my computer.
Tampilan pada saat Mengimport Project

5. Klik Choose File. Pilihlah file yang ekstensi (.aia) sesuai keinginan anda.

Tampilan Pop-up Import App

6. Setelah dipilih, klik Open.

Tampilan pada Pemilihan File (.aia)

7. Carilah file-file yang mendukung (.aia). Klik OK, apabila nama file muncul di pop-up Import App…

Tampilan Pop-up Import App Setelah dipilih File

8. Lihatlah perubahan dalam meng-import project tersebut, pasti akan menambah project di dalam Thunkable. Apabila ada penambahan project, berarti anda berhasil melakukan import project.
Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Kerja Project Setelah di-import

9. Klik Project yang telah kamu import tadi. Sekarang, kamu bisa memodifikasi sesuka hati.

Tampilan Editor pada Project yang Telah di-import

*UPDATE : Kamis, 25 April 2019
Apabila kamu ingin mengedit nama project (.aia) di Thunkable, caranya sama seperti melakukan import project (.aia) baik itu MIT App Inventor maupun Thunkable. Jadi, kamu tidak bisa mengedit nama project secara langsung di Thunkable dan harus melalui import project (.aia) terlebih dahulu >>> Edit nama file project (.aia) di dalam media penyimpanan (harddisk, flashdisk, kartu memori, dsb) >>> Ekspor project (.aia) dari hasil pengeditan nama file project tersebut ke dalam Thunkable.

Baca juga :

Sekian dari posting ini... Terima kasih... 
Labels: App Inventor, Tutorial

Thanks for reading Cara Mengimport Project (.aia) di Thunkable. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Mengimport Project (.aia) di Thunkable"

Back To Top