Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Apa Perbedaan Bahasa C dengan C++ ?

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Apa Perbedaan Bahasa C dengan C++ ?, semoga bermanfaat dan selamat membaca


Bahasa C dan C++ merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa C dikembangkan oleh Dennis Ritchie (seorang ilmuan komputer yang juga membuat sistem operasi Multics dan Unix) bersama Brian Kernighan (ahli komputer sekaligus rekan kerja Dennis di Bell Laba).

Sedangkan bahasa C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup yaitu seorang ilmuwan komputer dan profesor di Texas A&M University. Bahasa C++ merupakan turunan dari bahasa C yang mana awalnya dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix.

Meski C++ tergolong keturunan dari bahasa C akan tetapi kedua bahasa pemrograman ini berbeda. Berikut beberapa perbedaan antara C dengan C++.

1. Bahasa C bersifat prosedural ( dilakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan. Sedangkan bahasa C++ bersifat pemrograman object oriented (OOP).

2. Bahasa C memiliki kecepatan pemrosesan yang lebih cepat dibandingkan C++. Bahasa C bahkan menjadi bahasa ke 2 tercepat setelah Assembly.


3. Bahasa C banyak digunakan untuk membangun OS atau sistem Operasi sedangkan C++ lebih diperuntukkan membangun perangkat lunak yang berjalan di OS.

4. Perbedaan utama bisa kita lihat pada penulisan kodenya. Sebagai contoh disini kita akan membuat program yang menampilkan "Hello World!" Dengan c++ dan C.

C

#include <stdio.h>

int main (){
    printf ("Hello World!");
    return 0;
}

C++

#include <iostream>

int main() {
  cout<<"Hello World!";
  return 0;
}

Dari kode di atas kita dapat melihat bahasa C menampilkan string dengan menggunakan printf sedangkan pada C++ menggunakan perintah cout.

Itulah beberapa perbedaan antara bahasa C dengan C++, semoga artikel ini membantu serta menambah wawasan pembaca.
Labels: Cplusplus

Thanks for reading Apa Perbedaan Bahasa C dengan C++ ?. Please share...!

0 Komentar untuk "Apa Perbedaan Bahasa C dengan C++ ?"

Back To Top