Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Cita Rasa Unik dan Berkhasiat, Minuman Daun Kopi di Pati Dikembangkan - Jawa Pos

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Cita Rasa Unik dan Berkhasiat, Minuman Daun Kopi di Pati Dikembangkan - Jawa Pos, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Dikutip dari majalah coffeeland, daun kopi dalam penelitian ahli nutrisi di Eropa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan diketahui mangiferin yang dikandungnya berkhasiat sebagai anti inflamasi, yang dapat mengurangi risiko diabetes, kolestrerol darah, hipertensi dan melindungi neuron di otak.

”Saat ini kami sedang melakukan riset and development agar menjadikan minuman daun kopi ini bisa dipasarkan luas,” terang Muhamad Jusuf, salah seorang petani kopi yang melakukan percobaan untuk memproduksi minuman daun kopi.

(ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS)

Riset yang dilakukan, terutama mengenai masa kadaluarsa produk, kadar air, hingga cita rasa yang lebih maksimal untuk produk minuman daun ini. Seperti diketahui, dalam pengembangan ini tidak hanya murni daun saja. Akan tetapi ada campuran-campuran bahan lain. Seperti bunga melati. ”Kami juga sedang mencoba menemukan cita rasa yang maksimal. Selain mencoba dengan bunga melati, kami juga akan mencoba mencampur dengan vanili. Kebetulan di desa kami juga banyak menghasilkan vanili,” kata Jusuf kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Produksi minuman daun kopi ini cukup potensial. Karena bahan daun yang digunakan merupakan daun hasil perawatan tanaman kopi. Dalam dua pekan sekali, selalu tumbuh tunas vertikal. Tunas itu tidak baik. Maka perlu dilakukan pemotongan agar dapat meningkatkan produksi buah kopi.

”Jadi ini memanfaatkan daun muda yang tak terpakai. Kami coba manfaatkan agar lebih bernilai ekonomi. Ini juga menjadi bagian dari pemanfaatan tanaman kopi secara menyeluruh. Dari kopinya, kulit kopi, hingga daun kopinya bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomi tinggi,” paparnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati melalui Kasi Promosi Alfiningsih mengungkapkan, pihaknya akan terus mendukung inovasi yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Seperti yang dilakukan kluster kopi dalam memanfaatkan daun kopi.

”Kami akan beri akses yang maksimal kepada mereka untuk mengembangkan ilmunya. Apalagi selama ini daun kopi hasil perawatan rutin banyak tak terpakai. Kalau bisa bernilai ekonomi akan sangat bagus,” terangnya.

Ruang eksperimen, lanjutnya, akan diberikan pemerintah untuk mengembangkan produk ini agar mampu dipasarkan secara luas. 

(ks/aua/him/top/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"minuman" - Google Berita
January 23, 2020 at 09:55AM
https://ift.tt/36jpRJt

Cita Rasa Unik dan Berkhasiat, Minuman Daun Kopi di Pati Dikembangkan - Jawa Pos
"minuman" - Google Berita
https://ift.tt/2mPlmFV
0 Komentar untuk "Cita Rasa Unik dan Berkhasiat, Minuman Daun Kopi di Pati Dikembangkan - Jawa Pos"

Back To Top