Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Kedua - Capture Image

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Kedua - Capture Image, semoga bermanfaat dan selamat membaca


Pada postingan pertama dari Cara Membuat Aplikasi Kamera kita sudah membuat aplikasi dan menampilkan kamera preview. Lanjutan dari postingan tersebuat, kita akan membuat tangkapan atau Capture Image.

Aksi yang akan kita masukkan sebagai tambahan adalah Capture Image (tanpa menyimpan gambar), tombol back press yaitu ketika tombol kembali di tekan pada tampilan Capture Image maka camera kembali menampilkan preview, serta tombol Hapus yang fungsinya sama dengan back press.

Selain itu kita akan membuat agar aplikasi nantinya tampil full screen tanpa toolbar.

Tampilan nantinya akan tampak seperti barikut :



Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Langkah 1 : Buat dua ikon drawable dengan nama camera dan hapus, anda bisa menggunakan Vector Asset yang disediakan oleh Android Studio. Baca : Cara Menggunakan Icon Vector Asset bawahan Android Studio  

 


Langkah 2 : Edit AndroidManifest.xml dengan kode seperti berikut.
 
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
package="codingrakitan.blogspot.com.aplikasikamera">

<uses-permission android:name="android.permission.CAMERA"/>

<application
android:allowBackup="true"
android:icon="@mipmap/ic_launcher"
android:label="@string/app_name"
android:roundIcon="@mipmap/ic_launcher_round"
android:supportsRtl="true"
android:theme="@style/Theme.AppCompat.Light.NoActionBar">
<activity android:name=".MainActivity">
<intent-filter>
<action android:name="android.intent.action.MAIN" />

<category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
</intent-filter>
</activity>
</application>

</manifest>

Langkah 3 : Edit activity_main.xml dengan kode seperti berikut.
 
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<FrameLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
tools:context=".MainActivity" >

<FrameLayout
android:id="@+id/fr_kamera"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:background="@android:color/black">

</FrameLayout>

<ImageView
android:id="@+id/img"
android:layout_width="50dp"
android:layout_height="50dp"
android:layout_gravity="bottom|center_horizontal"
android:layout_marginBottom="30dp"
android:adjustViewBounds="true"
android:onClick="onClick"
android:tint="@android:color/white"
app:srcCompat="@drawable/camera"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<LinearLayout
android:id="@+id/ly"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:background="@android:color/black"
android:orientation="vertical"
android:visibility="gone">

<FrameLayout
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent">

<ImageView
android:id="@+id/tampil"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:adjustViewBounds="false"
app:srcCompat="@drawable/ic_launcher_background"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<ImageView
android:id="@+id/hapus"
android:layout_width="30dp"
android:layout_height="30dp"
android:layout_gravity="bottom"
android:layout_margin="20dp"
android:adjustViewBounds="true"
android:onClick="onClick"
android:tint="@android:color/white"
app:srcCompat="@drawable/delete"
tools:ignore="VectorDrawableCompat" />

<TextView
android:id="@+id/textView"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:background="@android:color/transparent"
android:padding="10dp"
android:text="codingrakitan.blogspot.com"
android:textColor="@android:color/white"
android:textSize="12sp" />

</FrameLayout>

</LinearLayout>

</FrameLayout>

Langkah 4 : Edit class MainActivity dengan kode seperti berikut.

 
public class MainActivity extends AppCompatActivity implements View.OnClickListener {

private FrameLayout fr_kamera;
private SurfaceView sv;
private SurfaceHolder sh;
private Camera cm;
private ImageView tampil;
private LinearLayout ly;
private int HOME = 1;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
getWindow().addFlags(WindowManager.LayoutParams.FLAG_FULLSCREEN);
requestWindowFeature(Window.FEATURE_NO_TITLE);
setContentView(R.layout.activity_main);

fr_kamera = findViewById(R.id.fr_kamera);
tampil = findViewById(R.id.tampil);
ly = findViewById(R.id.ly);


kameraAktif();

}
@Override
public boolean onKeyDown(int keyCode, KeyEvent event){
if (event.getAction() == KeyEvent.ACTION_DOWN) {
switch (keyCode) {
case KeyEvent.KEYCODE_BACK:
if (HOME==0){
ly.setVisibility(View.GONE);
HOME=1;
}else{
finish();
}
return true;
}
}
return super.onKeyDown(keyCode, event);
}

@Override
public void onClick(View v) {
switch (v.getId()){
case R.id.hapus:
ly.setVisibility(View.GONE);
break;
case R.id.img:
ambilGambar();
break;
}

}

private void kameraAktif() {
sv = new SurfaceView(this);
sh = sv.getHolder();
sh.addCallback(new SurfaceHolderCallback());
fr_kamera.addView(sv);

}

private void ambilGambar() {
cm.takePicture(null, null, jpegCallback);
HOME = 0;
}
Camera.PictureCallback jpegCallback = new Camera.PictureCallback() {
@Override
public void onPictureTaken(byte[] data, Camera camera) {
Bitmap bitmap = BitmapFactory.decodeByteArray(data, 0, data.length);
Matrix matrix = new Matrix();
matrix.postRotate(90);
Bitmap rotateBitmap = Bitmap.createBitmap(bitmap, 0, 0, bitmap.getWidth(), bitmap.getHeight()
, matrix, true);
tampil.setImageBitmap(rotateBitmap);
ly.setVisibility(View.VISIBLE);
cm.startPreview();
}
};



private class SurfaceHolderCallback implements SurfaceHolder.Callback {
@Override
public void surfaceCreated(SurfaceHolder holder) {
cm = Camera.open();
Camera.Parameters parameters = cm.getParameters();
List<Camera.Size> ss = parameters.getSupportedPreviewSizes();
Camera.Size pictSize = ss.get(0);
parameters.setPictureSize(pictSize.width, pictSize.height);
cm.setParameters(parameters);
}

@Override
public void surfaceChanged(SurfaceHolder holder, int format, int width, int height) {
try {
cm.setDisplayOrientation(90);
cm.setPreviewDisplay(sv.getHolder());
Camera.Parameters parameters = cm.getParameters();
List<Camera.Size> previewSize = cm.getParameters().getSupportedPreviewSizes();
Camera.Size pre = previewSize.get(0);
parameters.setPreviewSize(pre.width, pre.height);

ViewGroup.LayoutParams lp = new FrameLayout.LayoutParams(
ViewGroup.LayoutParams.FILL_PARENT,
ViewGroup.LayoutParams.FILL_PARENT);

sv.setLayoutParams(lp);
cm.setParameters(parameters);
cm.startPreview();
}catch (Exception e){}

}

@Override
public void surfaceDestroyed(SurfaceHolder holder) {
cm.stopPreview();
cm.release();
}
}
}




Sekarang anda tinggal melakukan pengetesan menggunakan emulator atau lebih baiknya menggunakan HP Smartphone langsung, sebab lebih leluasa dalam mengambil gambar.

Lanjut :  Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Ketiga - Flash Light


Labels: Android_Studio

Thanks for reading Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Kedua - Capture Image. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Membuat Aplikasi Kamera Bagian Kedua - Capture Image"

Back To Top