Mohon untuk bersikap bijak dalam setiap menyikapi infomasi dan berita yang beredar di internet karena tidak semua berita itu benar, terkadang di salah gunakan oknum tertentu untuk membuat kekacauan dan fitnah

Cara Mengganti atau Custom Nama Judul Screen dengan Blok Program di Thunkable

Berita Anda, Halo Pengunjung blog dimanapun anda berada semoga kalian tetap dalam keadaan sehat, saat ini anda sedang membaca Artikel dengan judul Cara Mengganti atau Custom Nama Judul Screen dengan Blok Program di Thunkable, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Screen adalah suatu komponen pada aplikasi Android yang menampilkan dan mengatur activity aplikasi sebagai tempat interaksi antara pengguna dengan aplikasi, seperti membuat panggilan telepon, mengambil foto, mengirim pesan singkat, atau mengirim email. Sebuah Activity mengatur satu halaman user interface aplikasi. Di dalam screen, ada beberapa user interface widget seperti Button, Label, TextBox, Web_Viewer, dan banyak lagi yang saling berkaitan agar aplikasi tersebut bisa dipakai oleh pengguna.
Disini, saya akan memberikan tutorial mengganti nama judul screen menggunakan blok program pada Thunkable.

Langkah-Langkah : 
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.

2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.

3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Dashboard pada Thunkable
4. Klik Create New App untuk membuat project baru. Kemudian, nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "namascreen1". Klik OK.
Tampilan Pembuatan Project App
5. Silahkan klik button Blocks. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan kerja Blocks.

6. Klik Screen1 >>> Klik tahan pada blok Screen1.Initialize() dan tarik blok tersebut ke block view.
Tampilan Pembuatan OnCreate() untuk Screen1.
7. Lepaskan tombol mouse pada blok tersebut. Berarti anda telah membuat OnCreate() pada Screen atau Activity. Ini dimaksudkan, anda membuat sebuah inisialisasi OnCreate() untuk mengisi beberapa blok-blok program yang akan bekerja pada saat aplikasi pertama kali dibuka atau diaktifkan di dalam emulator atau smartphone Android.
Tampilan Hasil Pemilihan Blok Screen1.Initialize()
8. Klik Screen1 >>> Klik tahan pada blok Screen1.Title() dan tarik blok tersebut ke block view.
Tampilan Pemilihan Blok Screen1.Title()
9. Klik tahan dan geserkan pada blok Screen1.Title() tersebut ke dalam blok Screen1.Initialize() agar dapat menampilkan judul screen / activity pada saat aplikasi program tersebut pertama kali dibuka di dalam emulator atau smartphone Android.
Tampilan Hasil Memasukkan Blok Screen1.Title() ke dalam Blok Screen1.Initialize()
10. Klik Text >>> Klik tahan pada blok Text yang masih kosong yang terletak paling atas dan tarik blok tersebut ke block view.
Tampilan Pemilihan Blok Text.

11. Klik tahan dan geserkan pada blok Text tersebut ke dalam blok Screen1.Title() agar widget WebView bisa membuka situs website yang kamu masukkan. Kemudian, isikan nama judul screen  ke dalam blok Text tersebut untuk aplikasi yang anda ingin tampilkan.
Tampilan Hasil Memasukkan Blok Text ke dalam Blok Screen1.Title()
12. Klik Export >>> App (save .apk to my computer) untuk mengkonversi ke aplikasi Android siap pakai (.apk) dan menyimpan ke dalam komputer. Tunggu beberapa waktu sampai aplikasi tersebut berhasil tersimpan di dalam komputer.
Tampilan Pengeksporan APK
13. Aktifkan software emulator Android yang ada di dalam komputer atau laptop anda. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan dashboard emulator tadi.



14. Klik ikon Instal APK / APP tergantung dari nama emulator Android tersebut.


15. Pilihlah file aplikasi (.apk) website mobile yang anda unduh (download) tadi. Klik Open, tunggu beberapa saat sampai terinstal dan buka aplikasi tersebut di dalam emulator Android.
Hasil dari Custom Nama Judul Screen

Baca juga :




Sekian dari posting ini... Terima kasih... 

Labels: Tutorial

Thanks for reading Cara Mengganti atau Custom Nama Judul Screen dengan Blok Program di Thunkable. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Mengganti atau Custom Nama Judul Screen dengan Blok Program di Thunkable"

Back To Top